Monday, November 26, 2012

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Pria Menjadi Mandul


7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Pria Menjadi Mandul - Sebagian besar gangguan kesuburan pria disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang salah. Dilansir Health.Detik.com, para ahli mengungkapkan bahwa infertilitas sepertiganya disebabkan oleh wanita, sepertiganya disebabkan oleh pria, dan sepertiganya lagi bisa disebabkan oleh keduanya. Salah satu faktor yang menyebabkan ketidaksuburan pria yaitu gangguan genetik. Sebuah mutasi genetik bisa menghilangkan lapisan karbohidrat di sekitar sperma sehingga mengurangi mobilitasnya. Jika pria mewarisi dua mutasi genetik dari ibu dan ayahnya, maka kondisi ini akan membuatnya sulit menghamili pasangannya. Selain itu, gaya hidup yang salah juga bisa menyebabkan kesuburan pria menurun. Dilansir Republika.co.id, Nur Rasyid, ahli urologi mengatakan bahwa gaya hidup tidak sehat dapat mempengaruhi kualitas spermatozoa. Jika Anda sering melakukan gaya hidup yang membuat testis lebih panas dari suhu tubuh, maka akan membuat produksi spermatozoa menurun. Misalnya, berendam di air panas, memangku laptop saat bekerja, sauna, dan memakai celana dalam ketat. Selain kebiasaan tersebut, masih ada kebiasaan gaya hidup lain yang bisa membuat pria mandul. Inilah gaya hidup yang bisa membuat pria mandul:

1. Terlalu banyak makan
Pria yang terlalu banyak makan juga akan mengakibatkan obesitas. Memiliki kelebihan berat badan akan membuat tubuh menjadi tidak sehat sehingga mempengaruhi fungsi dari setiap sel yang ada di dalam tubuh, termasuk sperma. 

2. Meminum minuman beralkohol
Pria yang menjadi pecandu minuman beralkohol akan memiliki sel-sel normal yang 30 persen lebih sedikit di dalam air maninya. 

3. Merokok
Kebiasaan merokok terbukti sangat merugikan kesehatan, khusunya bagi sistem reproduksi pria. Sebuah penelitian di Iran menunjukkan bahwa banyak pria mandul atau kurang subur karena setelah bangun tidur langsung merokok. Selain itu, kualitas sperma para perokok juga jauh lebih rendah dibandingkan pria yang tidak merokok. 

4. Kurang mengonsumsi makanan sehat
Agar memiliki sperma yang sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan vitamin C dan E, zink, dan betakaroten yang cukup. Jika Anda tidak mengasup makanan sehat setiap harinya, maka bisa menurunkan produksi sperma. 

5. Menggunakan ganja atau narkoba
Pria yang menggunakan narkoba atau ganja dalam jangka panjang berakibat menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola gerak sperma. Sperma akan berenang terlalu awal dan terlalu cepat sehingga mati sebelum sampai ke sel telur pasangannya. 

6. Sering memangku laptop
Jika Anda sering menggunakan laptop, maka letakkanlah di meja atau menggunakan pelapis. Sering memangku laptop bisa meningkatkan suhu di skortum yang mempengaruhi kualitas dari sperma.

7. Terlalu banyak duduk
Beberapa pekerjaan kantor yang terlalu banyak duduk juga bisa membuat suhu di skrotum meningkat. Selain terlalu banyak duduk, beberapa pekerjaan juga bisa mempengaruhi jumlah sperma berkurang, seperti pelukis, tukang las, dan supir. 

Itulah 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Pria Menjadi Mandul. Jauhi kebiasaan tersebut jika anda ingin mempunyai kesuburan sperma yang optimal. 








Related Post

1 comments:

  1. Saya Ibu Dian, sudah 5tahun setelah saya menikah namun saya belum punya momongan,
    Saya udah berobat kemana-mana secara medis maupun tradisonal namun tidak membuahkan hasil,
    Terakhir saya berobat tradisional di seseorang yang berpengalaman hanya melalui telpon/Hp : 0823-2710-2777 atas nama KI AGENG,
    Awalnya saya ragu karena hanya melalui telpon tetapi dengan rasa penasaran saya coba hubungi nomor tersebut dan konsultasi,
    ternyata KI AGENG mengusai beberapa Ilmu mistis diantaranya :
    1.Santet/Teluh
    2.Pelet
    3.Pesugihan kekayaan
    4.pengobatan tradisional segala jenis penyakit
    5.Menghilangkan janin dalam kandungan
    6.Junjung derajat
    7.Meramal jodoh dan rezeki
    8.Ilmu kekebalan.
    Pada akhirnya saya di obati dari jarak jauh,
    1bulan setelah saya di obati jarak jauh saya mulai mual dan sebagainya,
    kemudian saya langsung periksa ke ahli kandungan setempat dan alhamdulillah hasilnya positif dan akhirnya saya memiliki seorang anak.

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Unikle is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger